ading kyki

ading kyki
nama ulun aco

wawan

wawan
kantut

Minggu, 10 Juni 2012

cara memperbaiki ups


Anda yang mempunyai gangguan pada UPS yang tidak bisa menyimpan arus listrik, saya akan berikan cara memperbaikinya. Sebenarnya proses perbaikan UPS yang tidak bisa menyimpan listrik cukup mudah dilakukan, hanya dibutuhkan modal yang kuat saja, karena kerusakan tersebut biasanya terletak di media penyimpan arus listrik yang disebut aki atau accu. Jadi untuk memperbaikinya tidak dibutuhkan keahlian khusus dibidang elektronika. Bagaimana caranya, Silahkan lanjut terus baca artikel ini
UPS mengandalkan sumber listrik cadangan dari accu ketika terjadi pemutusan tegangan listrik dari luar, biasanya karena padamnya aliran listrik. Nah, jika accu mengalami gannguan atau accu sudah tidak mampu menyimpan arus listrik, tentu saja tidak ada cadangan arus yang bisa dipakai untuk peralatan yang terpasang ke UPS tersebut.
Nah, untuk mengetahui UPS yang sudah rusak, berikut ciri-cirinya:
  1. UPS nyala normal seperti biasa, tetapi ketika listrik padam, UPS juga ikut padam
  2. UPS tidak mau dinyalakan sama sekali (biasanya terdapat pada beberapa merk UPS)
Nah, jika gejala-gejala tersebut menimpa UPS anda, maka anda bisa mencoba untuk memperbaikinya. Berikut cara-caranya:
  1. Silahkan buka casing UPS anda. Ada yang mudah dan ada pula yang susah
  2. Jika sudah terbuka, silahkan cari posisi dari accu UPS anda. Jika sudah ditemukan silahkan lepaskan.
  3. Accu UPS biasanya menggunakan accu kering. Catat spesifikasi dari accu tersebut. terutama untuk tegangan kerja dan arus yang mampu disimpan, contohnya 12 volt, 7, 2 ampere.
  4. Jika dalam proses ini anda masih ragu apakah accu yang rusak atau bukan, anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan menggunakan accu motor anda yang memiliki tegangan kerja yang sama. Silahkan sambungkan kabel accu motor anda dengan konektor yang tadi digunakan untuk menghubungkan accu UPS. Ingat, jangan sampai terbalik kutub-kutubnya. Positif dengan positif, negatif juga dengan negatif (positif kabel merah, negatif kabel hitam)
  5. Setelah itu coba nyalakan UPS anda, jika mau nyala dan bekerja secara normal, maka bisa dipastikan bahwa accu-nya memang sudah rusak, dan anda bisa menggantinya dengan yang baru

    perbaiki sendiri aja lah, sambil belajar juga, slamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar